Sabtu, 22 April 2017

PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Assalamualaikum Wr.Wb


        Didalam Era globalisasi saat ini,teori perdagangan internasional masih diterapkan  dan masih digunakan karena era globalisasi disebut juga era kebebebasan, dimana setiap negara dalam melakukan perdagangan tidak  dibatasi oleh batas teoriti,kita dituntut untuk mampu bersaing dan berinovasi agar dapat bertahan dan tidak terpuruk, Perdagangan internasional memberikan banyak manfaat seperti terjalinnya persahabatan antar negara,memperoleh barang yang tidak dapat di produksi di negri sendiri,memperoleh keuntungan ,dan transfer teknologi modren.
Tidak hanya dibidang ekonomi saja,perdagangan Internasional juga bermanfaat dalam bidang politik,keamanan dan pertahanan. Tidak hanya manusai yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain,Negara juga tidak bisa hidup tanpa bantuan negara lain,untuk itulah dilakukan kerjasama seperti perdagangan internasional ini.
            Dan salah satu teori perdagangan internasional yang perlu kita terapkan adalah dari:
Adam Smith(teori keunggulan mutlak),yaitu Negara akan memperoleh keunggulan mutlak,dikarenakan Negara tersebut mampu memproduksi barang dan jasa dengan biaya lebih rendah dari Negara laindan teori dari Ricardian(kelebihan komparatif),yaitu Negara mengkhususkan dalam memproduksi apa yang mereka paling baik produksi.

 

         Untuk menjadi mata uang internasional dibutuhkan pemilik yang kuat, dalam hal ini negara yang kuat. Menjadi mata uang yang kuat bukan berarti mampu untuk menjadi mata uang internasional. Ini disebabkan karena negara yang memiliki mata uang itu belum tentu memiliki kestabilan ekonomi dan politik yang baik. Padahal untuk menjadi mata uang internasional, dibutuhkan negara dengan keadaan ekonomi maupun politik yang stabil, karena sebagai mata uang internasional dibutuhkan kepercayaan dari dunia agar dunia menggunakannya. Menjadi mata uang internasional wajib memiliki jumlah uang yang banyak karena akan dipakai di seluruh dunia. Kemudian harus juga bisa menjaga kepercayaan dunia pada uang tersebut. Seperti halnya Dollar,dia menjadi standar pembayaran internasional karena dia mempunyai pemilik yang kuat yaitu Amerika Serikat. Kita semua tahu bahwa Amerika Serikat merupakan negara maju dan salah satu negara terkuat. Perekonomian disana tidak akan turun karena dia menyimpan devisa yang banyak.

          Menurut saya Bisa saja euro menggantikan dollar karena euro berada di posisi kedua. Secara ekonomi euro memiliki kapasitas yang besar dalam siklus perdagangan,investasi,dan perekonomian internasional.secara internal nilai tukar Euro yang begitu kuat setidaknya mampu mendorong investor untuk memperbanyak investasinya. Keberhasilan cost and benefit Euro pun telah banyak dirasakan oleh beberapa anggotanya,meskipun diantaranya masih harus menyesuaikan.

      Tidak menutup kemungkinan Rupiah bisa mendunia,dengan peningkatan kestabilan ekonomi dan peingkatan Sumer Daya Manusia, rupiah bisa dikenal dan menjadi kuat. Dengan dukungan dan komitmen bangsa,rupiah bisa menduia,kita juga harus menjaga kestabilan perekonomian,dengan cara melakukan saving dan investasi,tidak konsumtif. Dibutukan pemikiran yang maju dari kaum  muda,sehingga mata uang rupiah bisa manguat dan mendunia,sehingga insyaallah Rupiah bisa menjadi uang internasional dan sebagai standar pembayaran Internsional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar